Kamis, 10 November 2022

Laporan Baca Teologi Sistematika (Ichwei G. Indra)

 

A.               A. Identitas Buku

 Judul Buku                 : Teologi Sistematis

 Penulis                        : Ichwei G. Indra

 Penerbit                      : Lembaga Literatur Baptis

Tahun                          : 1999 Jumlah

Halaman                     : 360


Klik Unutk Pembahasan Kitab Amsal : 👇👇👇👇👇👇👇

https://sarjanateologi.blogspot.com/2022/11/pembahasan-kitab-amsal.html


B. Ringkasan Isi

            Istilah teologi atau teologi berasal dari bahasa Yunani yang berarti ilmu (logos) tentang Tuhan (Theos). Pengertian teologi adalah bahasa dalam gereja yang menekankan pada Tuhan untuk menguji kebenaran firman Tuhan. Teologi yang benar harus berdasarkan Alkitab, bukan berdasarkan teologi di luar Alkitab. Dalam hal ini teologi Kristen adalah penerapan orang Kristen atas dasar iman yang mereka miliki sebagai orang Kristen. Dalam bidang studi teologi Kristen dibagi menjadi empat bagian. Pertama, teologi eksegetis berkaitan dengan penelusuran teks alkitabiah dan materi pelajaran. Teologi sejarah kedua adalah memahami sejarah umat Allah di dalam Alkitab, gereja dan pemberitaan Injil dan pengakuan iman. Teologi sistematika ketiga adalah menggunakan bahan yang telah disiapkan oleh teologi eksegetis. Teologi praktis keempat adalah studi tentang menanamkan teologi pada pembaruan, pengudusan, pembentukan, pendidikan, dan pelayanan manusia.

            Wahyu Tuhan berarti Tuhan menyatakan diri-Nya untuk memperkenalkan Tuhan kepada umat manusia, yaitu Dia yang tersembunyi di dalam terang (1 Timotius 6:16). Di dalam Alkitab ada wahyu umum dan wahyu khusus Tuhan (alam semesta) Mazmur 19:1-7. Wahyu umum Allah adalah wahyu tidak langsung. Sedangkan wahyu khusus Tuhan adalah wahyu langsung yaitu menyatakan diri-Nya (keselamatan) Kis 4:12. Terinspirasinya Roh Kudus kepada penulis buku karena pengaruh Roh Kudus itu sendiri, sehingga dapat menghasilkan buku yang berwibawa. Semua itu karena pimpinan Roh Kudus yang menjadikan kitab itu benar dan tidak pernah salah (2 Timotius 3:16). Roh Kudus adalah kekuatan yang membimbing dan mengarahkan para penulis dalam menulis buku. Otoritas Alkitab memiliki peran penting dalam membangun iman. Otoritas dalam Perjanjian Baru adalah exousia yang berasal dari kata kerja impersonal exesti yang berarti hukum. Jadi kewenangan adalah hak untuk menentukan atau kekuasaan untuk menyampaikan suatu keputusan. Alkitab berwibawa karena diilhami oleh Allah. Dalam menafsirkan Alkitab, ada metode yang digunakan, yaitu penafsiran alegoris, penafsiran dogmatis, penafsiran tipologis, penafsiran gramatikal-historis.

            Pengetahuan tentang Tuhan sering ditolak karena beberapa alasan. Manusia tidak pernah dapat mengenal Tuhan secara sempurna, karena manusia terbatas tetapi bukan berarti manusia tidak dapat memiliki pengetahuan tentang Tuhan. Alkitab mengatakan bahwa manusia dapat mengenal Tuhan, karena Tuhan sendiri telah menyatakan diri-Nya (Ibrani 1:1-2). Pengetahuan Tuhan bisa bersifat umum atau khusus. Pengetahuan umum adalah pengetahuan manusia tentang Allah dari wahyu umum-Nya, sedangkan pengetahuan khusus adalah pengetahuan manusia tentang Allah dari wahyu khusus-Nya. Dzat Allah adalah dasar dari semua sifat-sifat Allah, jika tidak ada esensi maka tidak mungkin ada sifat. Hakikat Tuhan adalah sifat rohani, Yesus berkata Tuhan adalah Roh. Ini menyiratkan bahwa Tuhan tidak terlihat atau tidak memiliki bentuk. Trinitas Tuhan, yaitu adanya tiga obnum yang berbeda, menyebabkan kesadaran diri untuk mengambil keputusan sendiri, tetapi masing-masing memiliki kesadaran diri untuk mengambil keputusan. Dalam Trinitas Tuhan, Tuhan memiliki kemampuan, yaitu Tuhan Maha Besar, Tuhan Yang Kekal, Tuhan Yang Esa.

Pekerjaan Tuhan dinyatakan dalam pola, rencana dan tujuan. Semuanya diciptakan, dipelihara, disimpan. Alkitab mengajarkan bahwa segala sesuatu dilakukan menurut ketetapan Allah. Ketetapan Tuhan adalah rencana dan tujuan kekal Tuhan berdasarkan kedaulatan mutlak-Nya, dalam menentukan segala sesuatu yang terjadi di alam semesta masa lalu, sekarang dan yang akan datang. Nama Tuhan dalam Perjanjian Lama telah digunakan lebih dari 100 kali sedangkan dalam Perjanjian Baru nama Tuhan digunakan lebih dari 200 kali. Nama Tuhan yang digunakan dalam Perjanjian Lama adalah Elohim, Yahweh (Jehovah), Adonai, I Am I. Dalam perjanjian baru adalah Theos, Kurios, Fr. Allah memperkenalkan diri-Nya tidak hanya melalui nama-nama-Nya, tetapi juga melalui sifat-sifat-Nya. Atribut Tuhan adalah: Kekudusan, Murka, Kebenaran, Cinta, Kesetiaan, Rahmat dan Rahmat.

            Teori evolusi mengatakan bahwa manusia adalah hasil proses evolusi alami dari bentuk kehidupan yang lebih sederhana. Tetapi penjelasan dalam Alkitab bahwa manusia pada dasarnya diciptakan menurut gambar dan rupa Allah (Kejadian 1:26-27). Dosa adalah suatu keadaan yang tidak sesuai dengan hukum Tuhan, dosa juga dapat diartikan sebagai pemberontakan, pelanggaran, penyimpangan kejahatan, ketidaktaatan, termasuk pikiran jahat. Dosa manusia adalah ketika manusia diberi hak kebebasan untuk memilih antara hidup menurut aturan Tuhan atau hidup dipimpin oleh kejahatan iblis. Ketika manusia pertama Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, saat itulah asal usul dosa manusia. Dosa membuat manusia kehilangan kemuliaan Tuhan sehingga manusia tidak lagi mencari Tuhan. Tuhan mengambil inisiatif untuk mencari kemanusiaan yang hilang. Jadi Allah memberikan Anak-Nya yang tunggal untuk menebus dan menarik kembali umat manusia dari kegelapan menuju terang (Matius 1:21). Kristus menyatakan diri-Nya bahwa Dia dan Bapa adalah satu, Allah memiliki kuasa tak terbatas yang mampu menopang, menyertai dan memerintah atas kehidupan manusia. Tuhan itu pengasih dan juga mampu mengampuni setiap kesalahan anak-anak-Nya. Tuhan Yesus datang ke dunia Dia menyerahkan semua kodrat ilahi-Nya untuk menjadi seperti manusia. Dia rela mati untuk menebus setiap dosa manusia dan inilah kasih Tuhan yang diberikan kepada manusia melalui pengorbanan-Nya.

            Tuhan Yesus memiliki gelar atau kedudukan untuk menggambarkan dan mengungkapkan pribadi karya-Nya. Dia adalah seorang nabi (Lukas 24:19), seorang hamba Allah yang memikul salib, melayani, dan memberikan nyawa-Nya untuk keselamatan dunia (Markus 8:34; Gal 2:20), imam besar, yang menjadi perantara bagi Perjanjian Allah dengan manusia, melaksanakan dan mempersembahkan korban (Ibrani 8:6), Mesias yang berarti yang diurapi (Yohanes 1:41), juga dikatakan sebagai Raja, yang memerintah dalam kerajaan dengan kuasa Allah yang kekal. Juruselamat, patuhi karya Yesus Kristus dalam kehidupan Kristen.

Dasar dari keselamatan manusia adalah pemberian Tuhan kepada manusia yang tidak layak menerima anugerah karena hidup dalam perbudakan dosa dan kejahatan. Manusia tidak lagi mampu membebaskan diri dan kembali kepada Tuhan. Jadi satu-satunya jalan adalah hanya kasih karunia Allah yang dapat menyelamatkan manusia dari dosa. Karena kasih karunia-Nya Allah memilih dan menetapkan manusia yang memberontak atau menyimpang, untuk diselamatkan agar manusia menjadi atau mendapatkan kembali teladan Kristus atau tabiat Kristus. Untuk menerima karunia keselamatan dari Tuhan, kita harus benar-benar mengaku dosa kita di hadapan Tuhan. Dalam hal ini Roh Kudus akan memampukan manusia untuk benar-benar mengakui dosanya dan menyadari setiap kesalahan yang telah diperbuat. Manusia yang telah mengakui dosanya harus benar-benar bertobat dan meninggalkan orang tuanya. Manusia lama ini harus diubah menjadi manusia baru di dalam Yesus Kristus. Setelah manusia bertobat ia juga harus memiliki iman dan percaya untuk menerima anugerah keselamatan dari Tuhan, yaitu kita harus percaya atau menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan.

Dalam hal ini proses keselamatan manusia dibagi menjadi tiga tahap, yaitu pertama keselamatan yang telah dilakukan dalam kehidupan Kristen, kedua keselamatan yang sedang dilakukan dalam kehidupan Kristen, dan ketiga keselamatan yang sudah pasti untuk diterima dalam kehidupan Kristen di surga. Alkitab menjelaskan bahwa ada tiga pernyataan Roh Kudus, yaitu Roh Kudus adalah Tuhan, Roh Kudus adalah pribadi, dan Roh Kudus adalah pelaksana pekerjaan Kristus di dunia. Inilah yang diyakini orang Kristen kepada Allah sebagai Allah Tritunggal yaitu Bapa, Anak, Roh Kudus. Roh Kudus adalah satu-satunya pribadi Yesus Kristus yang Roh Kudus melakukan tindakan seperti mengajar, memimpin, mendengarkan, mewartakan dan mengubah.

C. Tanggapan

Di dalam buku ini saya mendapatkan banyak ilmu baru dan pemahaman baru dalam buku ini. Sehingga pengetahuan tentang Tuhan semakin dalam dan semakin mengenal Tuhan secara sistematis. Kita juga tahu bahwa dasar atau sumber Teologi Sistematika adalah Alkitab, Firman Tuhan itu sendiri. Dalam hal ini sangat penting bagi kita untuk mempelajari teologi sistematika dalam pengetahuan kita tentang Tuhan. Kemudian, ketika kita membaca buku ini kita bisa belajar secara sistematis dan ketika kita sebagai pembaca sangat bersyukur karena dengan membaca buku ini kita bisa menambah pengetahuan kita tentang Teologi. Dalam hal ini saya mengajak mahasiswa Teologi untuk membaca buku ini, karena buku ini bagus dan sederhana serta bahasanya mudah dipahami.

Tidak ada komentar: